Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Seringkali kaki menjadi bagian tubuh yang terlupakan untuk dirawat. Mungkin, karena terletak di bagian bawah dan tidak terlihat, kaki dianggap tidak perlu diperhatikan. Padahal jika tidak dirawat, kaki dapat mengalami masalah yang akan menghambat Anda melakukan aktivitas, merusak kecantikan dan menurunkan rasa percaya diri. Salah satu masalah kaki yang sering dialami adalah kaki pecah-pecah.

Secara garis besar terdapat dua factor yang menyebabkan telapak kaki pecah-pecah, yaitu:  factor internal dan eksternal. Faktor internal, di antaranya usia dan gangguan hormonal. Bertambahnya usia seseorang membuat kondisi tubuhnya  mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Sedangkan faktor eksternal, antara lain perubahan cuaca yang drastis dan pemakaian sabun atau deterjen. Kandungan soda dalam deterjen menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dalam jumlah besar, sehingga membuatnya jadi sangat kering dan akhirnya pecah-pecah.

Kulit pada tumit memang lebih tebal dari bagian kulit manapun hal ini dikarenakan kaki terutama tumit anda menerima beban anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dimulai dari cara jalan anda yang salah, penggunaan sepatu hak tinggi, terlalu banyak terkena debu, kelebihan berat badan hingga infeksi jamur pada kaki anda menjadi faktor penentu timbulnya pecah-pecah pada tumit anda.

Jangan sampai perasaan minder anda alami hanya karena kulit tumit anda yang pecah-pecah. Pada artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan pecah-pecah pada tumit anda.

  1. Luangkan waktu sekitar 20-30 menit, Siapkan baskom berisi air hangat yang ditambah cairan antiseptik atau garam mandi. Cairan antiseptik akan mencegah bakteri berkembang. Merendam kaki dengan air hangat dapat menjadi cara untuk relaksasi sekaligus untuk menjaga kaki tetap sehat.
  2. Setelah direndam, gosoklah menggunakan batu apung atau alat penghalus telapak kaki yang biasanya dijual diook kecantikan.
  3. Dianjurkan setiap malam membersihkan kaki menggunakan lotion yang mengandung emollient,  atau lidah buaya yang bersifat menyejukkan dan melembabkan. Pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk merawat kulit karena saat itulah metabolisme tubuh sedang memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya yang telah rusak.
  1. Hindari bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek dan usahakan kaki tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dapat menyebabkan kulit kering.
  2. Hindari penggunaan sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit

Kaki perlu perhatian dan perawatan. Dengan merawat kaki secara benar dan teratur, Andapun dapt terhindar dari kaki pecah-pecah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>